di dalam dunia kerja pasti terdapat berbagai lika-liku yang harus dihadapi, seperti rekan kerja yang kelihatannya baik tetapi menusuk anda dari belakang, disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana langkah anda dalam menghadapi hal ini.
6 langkah yang harus anda lakukan sehingga anda tetap terjaga dan tidak terlena :
1. Teman atau lawan
Kenali
apakah rekan kerja tersebut benar-benar teman atau justru ‘musuh dalam
selimut’. Coba ingat-ingat, berapa kali Anda dijadikan ‘kambing hitam’
olehnya atas sesuatu yang tidak Anda perbuat, atau berapa kali dia
mencuri kredit atas hasil kerja keras Anda.
2. Konfrontasi
Memang
tidak ada orang yang menyukai konfrontasi karena dapat membuat suasana
menjadi tidak nyaman. Akan tetapi, pada kondisi tertentu hal tersebut
diperlukan. Tentukan waktu untuk bertemu dengan rekan kerja yang menusuk
Anda dari belakang, dan diskusikan masalah apa yang sebenarnya ada di
antara Anda berdua.
Coba
untuk bersikap tegas dan langsung menuju sasaran. Pastikan untuk
mendengarkan secara seksama apa yang disampaikan olehnya tanpa
menginterupsi atau bersikap defensif. Dengan demikian, Anda diharapkan
dapat menyelesaikan semua persoalan atau setidaknya menjernihkan
kesalahpahaman. Akan tetapi, jika rekan kerja tersebut belum bisa diajak
bicara secara baik-baik, paling tidak minta dirinya memperlakukan Anda
secara adil dan hormat seperti Anda memperlakukannya.
3. Bersikap profesional
Setelah
berbicara empat mata dengan rekan kerja tersebut, jaga sikap Anda agar
tetap tenang dan kalem dengan menghindari gosip. Sebaliknya, pusatkan
perhatian untuk bekerja dengan lebih rajin. Jika merasa perlu
menumpahkan kekesalan, pergi ke kamar mandi dan keluarkan semua energi
negatif di sana dalam suasana privat.
4. Klarifikasi tanggung jawab
Bicaralah
dengan atasan atau supervisor Anda. Secara khusus, tanyakan apa yang
mereka harapkan dari Anda sebagai karyawan, lalu ingat baik-baik hal
tersebut dan wujudkan. Pastikan untuk membicarakan hal ini dengan rekan
kerja yang bermasalah, sambil menegaskan bahwa itulah porsi tanggung
jawab Anda. Dengan demikian, tidak akan ada lagi kebingungan
mengenainya.
5. Komunikasi
Pada
pertemuan tim selanjutnya, bicarakan dan biarkan semua orang tahu
mengenai kemajuan proyek yang Anda kerjakan. Hal ini berguna untuk
menghindari kebingungan dan memperkecil risiko kesalahan dalam
mengerjakan tugas apa pun, serta mencegah rekan kerja lain mencuri
kredit atas usaha keras Anda.
6. Berkolaborasi
semoga bisa bermanfaat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar